Saturday, October 7, 2017

Soal dan Jawaban Sistem Operasi Jaringan Test Formatif Bab X

  1. Sebutkan file apa saja yang terkait dalam pengaturan konfigurasi jaringan pada sistem linux ?
  2. sebutkan apa saja yang kira - kira dapat menjadi penyebab suatu komputer yang telah di atur alamat IP-nya tidak dapat melakukan ping ke komputer gateway ?
  3. Buatlah diagram alir untuk melakukan pengaturan alamat IP dan DNS pada satu komputer linux ?
Jawab ! 
  1. Perintah yang umum digunakan pada Linux untuk konfigurasi jaringan yaitu dengan menggunakan perintah  /etc/network/interface dan  /etc/resolv.conf, jadi file yang di gunakan untuk konfigurasi jaringan adalah  a. interface adalah label identifikasi kartu jaringan yang digunakan. Contoh, etherner1 dikenal sebagai etho. b. IP­address adalah nilai untuk menetapkan alamat IP dari kartu jaringan c. Netmask mask digunakan untuk menentukan subnetmask. Parameter ini dapat diabaikan jika mask dilewatkan akan di-set default (berarti jaringan tidak termasuk dalam subnet ini)
    d. Broadcast address  merupakan alamat dari broadcast pada jaringan. Default-nya seluruh bit host ID di-set satu. Seluruh host dalam jaringan yang sama harus memiliki alamat broadcast yang sama. 
  2. ada 3 kemungkinan apabila komputer tidak bisa ping ke komputer gateway yaitu, pertama bisa di akibatkan oleh kabel dan RJ45 yang tidak terpasang dengan benar, kedua settingan firewall yang tidak tepat dapat mengakiibatkan ping ke komputer gateway terganggu atau terhalang, dan yang ketiga kemungkinan dalam satu jaringan itu harus memiliki IP address dengan kelas yang sama, jadi apabila berbeda kemungkinan tidak bisa
  3.  




apabila ada kesalahan silahkan comment di bawah :)

Lihat Juga Selenjutnya :

0 comments

Post a Comment